logo
Digital Marketing Solutions & Integrated Salah satu alasan kami sangat yakin dengan kemampuan kami untuk memberikan hasil yang luar biasa terhadap Pamasaran Digital bahwa kami memiliki SDM Yang berpengalaman Dari layanan SEM SMM dan SEO, konten, bekerja sebagai Team untuk memastikan klien kami melihat hasil terbaik dengan Efisiensi Biaya Promosi

Digital Marketing Solutions

SEO Search Engine Optimization

Search Engine Marketing & Social Media Marketing

Website Development

Video Advertising Production

Hubungi Kami Kapanpun
Kami berikan layanan & Solusi terbaik Kebutuhan Digital Promosi usaha atau Bisnis Anda Konsultasikan Sekarang juga

082298777987

sales@jagogo.net

Grand Galaxy RSA 5 No 2 Bekasi

021- 82731502

Grand Galaxy RSA 5 No 2

Top
Jasa Digital Marketing SEO SEM SMM WEB & VIDEO / Business  / 7 Cara Mudah Menerapkan Digital Marketing Dalam Bisnis
Digital Marketing Jagogo Agency Bekasi

7 Cara Mudah Menerapkan Digital Marketing Dalam Bisnis

Sebagai pemilik bisnis di era sekarang, kamu pasti merasakan perkembangan pesat dalam Digital Marketing beberapa tahun terakhir. Sudah terbukti banyak perusahaan Start-Up yang terbantu bisnisnya melalu Digital Marketing.

Sebagai contohnya yaitu platform Sosial Media perusahaan yang semakin banyak. Hal tersebut sangat membantu pemilik usaha mikro kecil – menengah agar produknya lebih dikenal luas lagi. Mulai dari memperkenalkan produk mereka melalui postingan konten foto, hingga menggunakan tools FB Ads atau Google Ads.

Apa Saja Cara Yang Diterapkan Dalam Proses Digital Marketing?

Untuk kamu pemilik bisnis yang mungkin masih awam dalam dunia digital marketing, berikut ini terdapat cara memanfaatkan digital marketing untuk mengembangkan bisnismu :

1. Kampanye Marketing Menggunakan Email (Email Marketing)

Apapun jenis bisnis kamu, marketing berbasis email (email marketing) merupakan tools yang wajib dicoba untuk setiap pemilik bisnis. Menurut studi Smart Insight, rata-rata email bisnis yang dibaca pada industri Real Estate sebesar 27% dengan Click Through Rate (CTR) 3%, angka tersebut menunjukan efektifnya Email Marketing.

Perlu kamu tahu juga bahwa jumlah tersebut bukan jumlah absolut. Angka tersebut bisa ditingkatkan lagi dengan cara tekhnik membuat konten pesan email yang lebih relevan lagi dengan pelanggan yang dituju.

Baca Juga : Layanan Digital Marketing Yang Perlu Kamu Tahu Untuk Meningkatkan Bisnis

2. Membangun Website Yang Mudah Dipahami Pengunjung (User Friendly)

Website dengan loading speed yang cepat dan penuh dengan konten yang informatif yang mudah diakses adalah hal wajib. Apalagi kalau website milikmu berbasis E-commerce atau toko online. Amazon saja pernah mengklaim mereka kehilangan jutaan dollar apabila telat 3 detik saja dalam performa kecepatan loading website.

Bukan hanya itu saja, karena sebagian besar website diakses melalui perangkat mobile seperti smartphone menuntut developer website agar membuat website yang Mobile-Friendly pula (tampilan tetap responsif walau dibuka dari berbagai jenis smartphone). Website Mobile-Friendly harus meliput banyak aspek, namun bebarapa diantaranya adalah:

  • Website dapat menampilkan semua daftar konten menu  yang ada tanpa adanya kecacatan dalam desain versi mobilenya.
  • Adanya konten yang memandu pengunjung dari melihat produk sampai menyelesaikan transaksi pembelian atau mengarahkan sesuai kebutuhan bisnis.
  • Konten foto atau gambar yang tetap jelas dan responsif disemuai layar perangkat mobile.

3. Iklan Pay-Per-Click  Googel Ads (PPC Advertising)

Iklan Pay-per-click (PPC) Google Ads atau bayar setiap kliknya adalah strategi jitu untuk menghasilkan banyak lead bisnis dan calon pelanggan baru berdasarkan iklan yang diklik pengguna search engine Google. Singkatnya kamu hanya perlu membayar saat ada pengguna search engine yang mengklik iklanmu.

Cara kerjanya kamu hanya perlu menentukan kata kunci (keyword) apa yang sesuai dan biasa digunakan pelanggan pada saat mencari di Google untuk menemukan produkmu, menentukan biaya lelang per-kliknya, setelah itu iklan jenis ini siap untuk ditayangkan.

PPC memang dikenal cukup akurat dalam menarik pelanggan, namun kamu perlu merogoh biaya lebih untuk bisa menampilkan jenis iklan ini di search engine Google untuk jangka panjang.

4. Membuat Konten Post Yang Bermanfaat Dan Informatif 

Didalam website bisnis jangan hanya dijadikan tempat menjual produkmu saja. Buat juga konten post atau blog yang memuat informasi bermanfaat dan relevan dengan produkmu.

Selain itu, konten post atau blog bisa meningkatkan nilai SEO kamu di mesin pencari. Yang mana akan mendatangkan traffic organik pengunjung website yang jauh lebih hemat ketimbang menggunakan iklan berbayar seperti PPC. 

Bahaslah sedalam mungkin informasi terkait produkmu agar pengunjung betah berlama-lama mengunjungi websitemu. Kamu juga bisa memata-matai seperti apa postingan atau blog yang ada di website kompetitor dan menjadikannya sebagai bahan referensi dalam bersaing di Digital Marketing.

Sebagai contoh pembuatan konten yang bermafaat, kalau di websitemu menjual pakaian, maka kamu bisa memuat konten yang menjelaskan tentang suatu bahan pakaian atau cara memilih bahan pakaian yang baik.

5. Membuat Strategi Marketing Sosial Media Perusahaan

Seperti yang dikatakan diawal pembahasan, sosial media sudah terbukti sebagai media platform yang cocok untuk memasarkan suatu produk atau brand. Pengusaha kecil sekalipun bisa menjual produk yang banyak karena jangkauan sosial media tidak terbatas dengan strategi marketing sosial media yang tepat.

Contohnya kamu bisa memanfaatkan media platform Facebook. Cukup buat Facebook Page yang dikhususkan untuk membangun eksistensi brandmu. Undang teman, keluarga, atau teman dari karyawanmu untuk follow page facebook tersebut. Ajak mereka juga untuk share Page tersebut agar memperluas lagi jangkauan  bisnismu dalam mendatangkan pengunjung.

Platform yang cocok lainnya yaitu instagram. Jangan malu untuk membagikan foto produkmu di Instagrami. Jangan lupa juga untuk memberikan follower kamu penawaran menarik agar mereka tertarik membeli dan membagikan produkmu di jejaring sosial media milik mereka.

6. Menerapkan Penggunaan SEO Website

SEO (Search Engine Optimization) merupakan proses optimasi website agar mendapatkan posisi teratas dihasil pencarian Google terhadap kata kunci tertentu.

Tetapi karena Google selalu mengembangkan algoritma pencarian mereka, menuntut semua pemilik website agar selalu mengikuti elemen SEO Google agar bisa tetap eksis di halaman pertama pencarian.

Baca Juga : Perbedaan SEO Dan SEM: Tips Memilih SEO Atau SEM Yang Cocok Dengan Kondisi Bisnis Anda

Singkatnya yaitu mengoptimasi elemen yang ada diwebsite sesuai kata kunci yang kamu incar sesuai dengan target audiens bisnismu. Sedikit tips tambahan untukmu, ketika akan membuat konten website usahakan minimal memuat 1000 kata. Sebab semakin tebal suatu konten semakin informatif juga isinya dan kaya kata kunci yang ditargetkan didalamnya. Hal tersebut juga lebih disukai oleh Google.

7. Mengadakan Event Di Platform Digital

Membagikan suatu pengalaman atau ilmu dibidang yang kamu kuasai merupakan hal vital untuk memuluskan kampanye dalam digital marketing. Seiring canggihnya teknologi dan kondisi yang memaksa orang tidak keluar rumah karena adanya pandemi membuat event digital seperti Webinar dan workshop online lebih mudah menggapai audiens yang lebih besar dan tetap relevan pada industri bisnis yang dikelola.

Share
No Comments

Post a Comment

Call
WhatsApp Chat