logo
Digital Marketing Solutions & Integrated Salah satu alasan kami sangat yakin dengan kemampuan kami untuk memberikan hasil yang luar biasa terhadap Pamasaran Digital bahwa kami memiliki SDM Yang berpengalaman Dari layanan SEM SMM dan SEO, konten, bekerja sebagai Team untuk memastikan klien kami melihat hasil terbaik dengan Efisiensi Biaya Promosi

Digital Marketing Solutions

SEO Search Engine Optimization

Search Engine Marketing & Social Media Marketing

Website Development

Video Advertising Production

Hubungi Kami Kapanpun
Kami berikan layanan & Solusi terbaik Kebutuhan Digital Promosi usaha atau Bisnis Anda Konsultasikan Sekarang juga

082298777987

sales@jagogo.net

Grand Galaxy RSA 5 No 2 Bekasi

021- 82731502

Grand Galaxy RSA 5 No 2

Top
Jasa Digital Marketing SEO SEM SMM WEB & VIDEO / Uncategorized  / HAL YANG KAMU HARUS KETAHUI SEBELUM MEMBUAT WEBSITE

HAL YANG KAMU HARUS KETAHUI SEBELUM MEMBUAT WEBSITE

1.     Domain

Domain adalah nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah jaringan tanpa menggunakan internet protokol (IP), mengingat biasanya IP menggunakan angka-angka yang sulit dihafal. Dalam dunia internet, domain merupakan aspek penting dalam sebuah website. Fungsinya adalah sebagai alamat yang memudahkan para pengunjung untuk mencari informasi yang mereka inginkan.

Bagi kamu yang ingin membuat website, ada baiknya untuk mengenal lebih dalam apa itu domain dan seluk beluknya. Mulai dari jenis-jenis yang paling banyak digunakan, bagaimana memilih nama yang efektif hingga memilih jasa penyedia hosting untuk mendapatkan domain tersebut. Berikut ulasan yang bisa kamu simak.

Jenis-jenis Domain yaitu :

  1. Top Level Domain (TLD)

Top level domain (TLD) adalah ekstensi yang terdapat di akhir nama sebuah domain. Kategori Global Top Level Domain biasanya menggunakan domain seperti .com, .net, .org, .edu, dan lain sebagainya. Domain .com digunakan untuk website komersial, sedangkan .net digunakan untuk website jaringan, dan .edu untuk edukasi. Ada pula domain lain seperti .org untuk organisasi, .mil untuk situs angkatan bersenjata dan lain sebagainya.

Sementara itu, Country Code Level Domain lebih sering digunakan untuk domain lokal di negara-negara tertentu. Misalnya .id untuk domain Indonesia, .cn untuk negara Tiongkok, dan .my untuk Malaysia. Domain untuk website pemerintahan dan instansi pendidikan negara juga menggunakan ekstensi Country Code Level Domain.

  • Second Level Domain (SLD)

Jenis domain selanjutnya adalah Second Level Domain, biasa disebut juga dengan SLD atau “2LD.” SLD merujuk pada nama instansi, organisasi, atau nama pilihan yang digunakan. Bila mencontoh dari nama domain pada poin di atas, “dewaweb” merupakan SLD yang dimaksud. Penting bagimu untuk membuat SLD yang mudah diingat, diketik, maupun dieja oleh pengunjung. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan nama yang familiar dan tidak terlalu panjang. Domain SLD ini bisa kamu buat dengan cara mendaftar dan membelinya. Jangan lupa, lakukan pembaruan secara berkala paling tidak selama satu tahun.

  • Third Level Domain

Secara umum Third Level Domain atau 3LD ini adalah nama domain yang kamu berikan sebelum TLS dan SLD. Contohnya, bila kamu membuat untuk keperluan email, kamu bisa menambahkan webmail.namadomain.com. Begitu pula untuk hal-hal lainnya seperti blog (blog.namadomain.com), promo (promo.namadomain.com), dan sebagainya. Dalam dunia internet, 3LD juga sering disebut dengan subdomain. Nama tersebut bisa dibuat sesuai kebutuhan setelah kamu memiliki SLD.

1.     Hosting

Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Apa Yang Bisa Dilakukan dengan Hosting?

Setelah pengertian hosting kamu pahami, sekarang saatnya kamu ketahui apa saja yang bisa dilakukan dengan hosting. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

1. Membuat Website

Ya, tentu saja! Setelah memiliki hosting, kamu dapat membuat website impian. Website dapat disimpan dan diletakkan dalam server hosting. Kamu bisa membuat website dari nol ataupun membuat website sendiri. Untuk pemula, kamu bisa baca Cara Membuat Website Untuk Pemula. DomaiNesia menyediakan fitur layanan Instant Deploy untuk membuat website hanya dengan sekali klik.

2. Membuat Toko Online

Biasanya setelah pengertian hosting diketahui customer, ada banyak pertanyaan kepada Tim Support tentang cara membuat toko online. Nah, memang toko online menjadi salah satu hal yang diinginkan para pelaku bisnis. Dengan adanya toko online, bisnis mereka menjadi lebih dikenal publik. Semakin banyak masyarakat yang tahu produk yang mereka jual, semakin banyak revenue yang akan didapat. Untuk membuat toko online sendiri, kamu bisa baca Cara Membuat Toko Online Untuk Pemula.

3. Membuat Email Profesional

Jika memiliki domain dan hosting, kamu bisa membuat email profesional. Apa itu email profesional? Email profesional adalah email dengan nama perusahaan/ nama sendiri. Jadi, buat kamu yang masih menggunakan email dengan akhiran gmail ataupun yahoo, bisa segera buat email dengan domain sendiri. Misalnya support@domainesia(dot)com ataupun support@namadomainsaya(dot)com. Apa keuntungannya? Keuntungannya adalah kamu menjadi lebih profesional dan tidak dianggap sebagai perusahaan abal-abal. Ingin tahu caranya? Silakan baca Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri.

4. Meningkatkan Performa Website

Jika memiliki hosting, kamu dapat meningkatkan performa website. Di DomaiNesia, kamu dapat meningkatkan kecepatan website dengan beberapa fitur seperti Memcached Instance, WordPress Accelerator, CloudFlare serta Patchman.

5. Melindungi Website dengan SSL

Nah, website harus dilindungi agar terhindar dari beberapa malware, virus, indikasi spam dan serangan DDOS. Untuk itu, dengan hosting kamu bisa melakukan instalasi SSL di Hosting. SSL adalah pagar pengaman dari website. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang SSL, silakan baca Apa itu SSL.

Jenis-jenis Web Hosting

Masing-masing penyedia jasa web host menawarkan jenis hosting yang berbeda agar sesuai dengan keinginan dan kebutuhan klien. Berikut contoh hosting yang sering digunakan:

  1. Shared Hosting
  2. VPS (Virtual Private Server) Hosting
  3. Cloud Hosting
  4. WordPress Hosting
  5. Dedicated Server Hosting

Semakin berkembang website Anda, maka semakin besar pula space yang dibutuhkan. Mulailah mengonlinekan website Anda di paket dasar Shared hosting. Jika website Anda sudah mulai ramai dikunjungi, silakan upgrade ke hosting yang lebih tinggi.

Biasanya penyedia web hosting menawarkan lebih dari satu paket hosting untuk setiap jenis hosting. Misalnya di Hostinger, layanan shared hosting kami menawarkan tiga paket hosting.

Kesimpulannya, hosting adalah tempat penyimpanan data. Sementara itu, domain adalah nama atau alamat website kamu, bisa disebut juga identitas untuk mengakses website kamu dengan mudah. Jagogo.net menyediakan jasa pembuatan website yang anda butuhkan serta optimasi SEO.

HUBUNGI KAMI

PT. Jagogo Analisa Gemilang Grand Galaxy City Blok RSA 5 No.2 Bekasi Jawa Barat 17147 email : sales@jagogo.net Phone : 021- 82731502 Mobile/WA  : 082298777987 www.jagogo.net

JASA SEO, SEM, SMM, WEBSITE & VIDEO COMPANY PROFILE

Kami memberikan Layanan Digital Marketing Terpadu Jasa SEO, SEM, SMM, jasa Pembuatan Website & jasa Pembuatan Video Profile, jasa Video Company Profile,Video profile Animasi di  Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang Jawa Barat Banten & Indonesia

Share
No Comments

Post a Comment

Call Now ButtonCall
WhatsApp Chat