logo
Digital Marketing Solutions & Integrated Salah satu alasan kami sangat yakin dengan kemampuan kami untuk memberikan hasil yang luar biasa terhadap Pamasaran Digital bahwa kami memiliki SDM Yang berpengalaman Dari layanan SEM SMM dan SEO, konten, bekerja sebagai Team untuk memastikan klien kami melihat hasil terbaik dengan Efisiensi Biaya Promosi

Digital Marketing Solutions

SEO Search Engine Optimization

Search Engine Marketing & Social Media Marketing

Website Development

Video Advertising Production

Hubungi Kami Kapanpun
Kami berikan layanan & Solusi terbaik Kebutuhan Digital Promosi usaha atau Bisnis Anda Konsultasikan Sekarang juga

082298777987

sales@jagogo.net

Grand Galaxy RSA 5 No 2 Bekasi

021- 82731502

Grand Galaxy RSA 5 No 2

Top
Jasa Digital Marketing SEO SEM SMM WEB VIDEO / Business  / Memahami Dasar-Dasar Search Engine Marketing (SEM) Digital Marketing Strategy

Memahami Dasar-Dasar Search Engine Marketing (SEM) Digital Marketing Strategy

Search Engine Marketing (SEM) merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran di internet untuk meningkatkan jumlah visibilitas website di halaman pertama hasil mesin pencari misalnya Google. Dengan kata lain membeli traffic website dengan membayar mesin pencari seperti Google. Mesin pencari banyak diakses oleh banyak orang untuk mencari berbagai informasi di internet. Termasuk untuk mencari informasi tentang produk atau jasa yang akan dibeli beserta ulasannya.

Dengan menggunakan strategi digital marketing SEM, pengguna dapat meningkatkan kemungkinan calon konsumen mengunjungi website bisnis ketika mereka mencari informasi karena posisi web yang berada di posisi teratas halaman mesin pencarian. Cara kerja SEM yaitu iklan memilih beberapa kata kunci yang sudah di setting pada pengaturan iklan yang berkaitan dengan produk atau jasa yang dijual. Jadi, ketika orang mencari kata kunci kunci yang sudah diatur tersebut, mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian berbayar terlebih dahulu di paling atas halaman.

Apa Pentingnya Menggunakan Search Engine Marketing?

SEM menjadi media promosi yang sangat efektif dan menjadi cara tercepat pada saat ini untuk mengarahkan calon konsumen ke website Anda. Mengapa? Karena SEM yang efektif dapat menempatkan website Anda secara instan di halaman pertama mesin pencari. Pengguna mesin pencari umumnya hanya akan mengakses situs-situs pada halaman pertama yang ditampilkan mesin pencari ketika mereka mencari informasi mengenai kata kunci yang diketik. Dengan begitu, SEM sangat efektif untuk meningkatkan pengunjung website yang mana pengunjng website tersebut adalah calon konsumen bisnis Anda.

Calon konsumen yang melakukan pencarian kata kunci secara sadar mereka mengunjungi website Anda karena dilakukan atas kemauannya sendiri sehingga mereka dalam keadaan yang sangat baik untuk menerima meteri pemasaran dan informasi produk yang anda sajikan di website. Berbeda dengan iklan yang ada di televisi, radio atau media sosial lainnya yang muncul tanpa kemauan konsumen. Search Engine Marketing (SEM) menjangkau konsumen pada waktu yang tepat yakni ketika mereka membutuhkan informasi dan sedang mencari yang mereka butuhkan.

Baca Juga : 7 Cara Mudah Menerapkan Digital Marketing Dalam Bisnis

Perbedaan Search Engine Marketing (SEM) Dengan Search Engine Optimization (SEO)

Pada dasarnya search engine optimization atau SEO adalah salah satu jenis dari strategi internet marketing. SEO mengoptimalkan hasil pencarian organik dengan membuat website Anda berada di posisi tertinggi pada halaman search engine, SEO tidak menggunakan biaya sama sekali hanya saja mengoptimasi SEO lebih lama daripada memasang iklan secara instan di mesin pencari. Sementara SEM melakukan pemasaran dengan meningkatkan visibilitas website lewat iklan instan yang dikenai biaya untuk membuat iklan tersebut.

Memahami Cara Kerja Search Engine Marketing (SEM)

Semua Search engine menggunakan algoritma yang rumit untuk memastikan hasil yang paling relevan untuk ditampilkan di hasil pencarian. Namun dengan strategi SEM iklan Anda akan muncul di bagian atas secara instan untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas dibandingkan dengan pencarian organik yang digunakan pada SEO. Untuk mencapai hasil yang maksimal, cara ini bisa Anda lakukan ketika ingin menggunakan strategi layanan dari search engine marketing:

  1. Lakukan registrasi pada penyedia layanan search engine marketing contohnya Google Ads / Adsword.
  2. Tentukan detail iklan yang diinginkan sesuai dengan target market bisnis Anda, seperti kata kunci, jangkauan lokasi bisnis, atur strategi bidding iklan Anda dan lain sebagainya.
  3. Search engine akan melakukan pelelangan antara para pengiklan yang menggunakan keyword yang sama untuk menentukan siapa yang akan ditampilkan lebih dahulu ketika kata kunci tersebut dicari oleh pengguna search engine.
  4. Search engine akan menampilkan iklan pemenang lelang pada halaman hasil pencarian ang akan ditampilkan oleh pengguna search engine pada saat mencari informasi di internet.
  5. Anda akan mendapatkan laporan kinerja iklan dan selanjutnya membayar tagihan sesuai biaya untuk sejumlah klik yang didapatkan dari iklan tersebut.

Pada saat menerapkan SEM biasanya dilakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui tren apa yang paling banyak dicari mengenai tema bisnis Anda. Lalu dari riset tersebut, tentukan keyword mana yang relevan dengan bisnis Anda dan yang memungkinkan dipakai pengguna Search Engine ketika mencari produk atau informasi yang sudah disediakan di website Anda..

Ketika melakukan riset kata kunci untuk pembuatan iklan, Anda juga bisa menambahkan keyword yang berhubungan dengan perilaku konsumen seperti beli, diskon, kupon, promo dan kata kunci lain yang memiliki peluang untuk mendatangkan pengunjung ke website Anda. Ada banyak webiste yang secara gratis memberi layanan riset ikata kunci seperti Ahrefs, Google Trends hingga Ubersuggest. Sebagai contoh Google Trends adalah tools gratis dari Google yang memberikan saran keyword yang sedang tren secara real time yang ada pada pencarian. Selain itu Google Trends juga dapat menunjukkan informasi secara spesifik di wilayah mana yang volume pencarian kata kunci tertentu memiliki jumlah yang tinggi.

Contoh Penggunaan Search Engine Marketing Google Ads

Seberapa Manfaat Penggunaan SEM Untuk Bisnis 

Penggunaan SEM sebagai strategi marketing dalam bisnis dengan cara yang benar dan tepat akan membantu bisnis Anda berkembang di era yang serba digital sekarang. Anda juga dapat meningkatkan brand awareness pada produk Anda sehingga akan lebih dikenal lebih luas oleh orang dengan bantuan internet. Apakah masih ada manfaat dari SEM lainnya? Berikut ini manfaat berikutna dari menggunakan strategi marketing SEM :

1. Hasil Iklan Cepat

Proses pembuatan SEM seperti Google Ads termasuk iklan dengan proses pembuatan yang cepat. Terlebih lagi, Anda juga dapat melihat hasil iklan yang dibuat di mesin pencari langsung dengan mengetes beberapa kata kunci yang sudah diterapkan di iklan. SEM terbukti lebih unggul dalam hal kecepatan dibanding dengan strategi SEO yang butuh waktu lebih lama agar website anda tampil di posisi teratas

2. Target Marketing Bisnis Yang Bisa Disesuaikan

Penggunaan SEM sendiri adalah menguntungkan seorang marketer karena mereka dapat langsung menyampaikan iklan sesuai target market mereka sendiri. Karena pada SEM bisa mengoptimasi target kata kunci, lokasi, waktu dan hal-hal detail dari pengguna search engine itu sendiri.

3. Biaya Promosi Fleksibel

Anda dapat menyesuaikan dengan anggaran promosi bisnis Anda, jadi anda lebih fleksibel dalam mengatur budget untuk iklan di mesin pencari. Tentu saja semakin banyak biaya yang dikeluarkan maka akan semakin banak juga traffic yang diperoleh nantinya. Ketika saldo budget iklan yang ada pada akun Google Ads untuk SEM sudah tidak ada lagi, maka iklan yang Anda buat akan secara otomatis berhenti ditampilkan.

Baca Juga : Jasa SEO Bekasi

Call
WhatsApp Chat