logo
Digital Marketing Solutions & Integrated Salah satu alasan kami sangat yakin dengan kemampuan kami untuk memberikan hasil yang luar biasa terhadap Pamasaran Digital bahwa kami memiliki SDM Yang berpengalaman Dari layanan SEM SMM dan SEO, konten, bekerja sebagai Team untuk memastikan klien kami melihat hasil terbaik dengan Efisiensi Biaya Promosi

Digital Marketing Solutions

SEO Search Engine Optimization

Search Engine Marketing & Social Media Marketing

Website Development

Video Advertising Production

Hubungi Kami Kapanpun
Kami berikan layanan & Solusi terbaik Kebutuhan Digital Promosi usaha atau Bisnis Anda Konsultasikan Sekarang juga

082123618150

sales@jagogo.net

Grand Galaxy RSA 5 No 11 Bekasi

021- 82731502

Grand Galaxy RSA 5 No 11

Top
Jasa Digital Marketing SEO SEM SMM WEB VIDEO / Business  / KESALAHAN DALAM DIGITAL MARKETING

KESALAHAN DALAM DIGITAL MARKETING

Digital marketing – Pemasaran digital atau yang lebih dikenal dengan sebutan digital marketing merupakan sebuah usaha dalam mengampanyekan produk barang maupun jasa serta membangun brand perusahaan lewat internet atau dunia digital. Tujuan dari melakukan cara marketing ini supaya bisa menjangkau konsumen secara tepat dan cepat. Selain banyak sekali manfaat dari digital marketing agar lebih bagus lagi jika menghinadari beberapa kesalahan dari digital marketing.

BERIKUT INI ADALAH KESALAHAN DALAM DIGITAL MARKETING YANG HARUS DI HINDARI :

1. Tidak memiliki strategi dan pengukuran yang jelas

Strategi yang dimaksud di sini adalah strategi digital marketing yang benar, sesuai praktik terbaik. Ini merupakan kesalahan umum bagi bisnis di Indonesia dalam melakukan digital marketing. Akhirnya, program digital marketing mereka berjalan tanpa arah, hanya sekedar hadir saja di sosial media dan memiliki website yang menarik. Tanpa strategi yang mengarah untuk mendorong konsumen mengambil tindakan, tentu tidak ada pengukuran yang jelas. Pengukuran dapat bermacam-macam tergantung pada stage dan tujuan digital marketing Anda.

Jika manajer pemasaran Anda cenderung melakukan hard selling di jalur digital, artinya perusahaan Anda telah melakukan pemborosan waktu, uang dan tenaga. Digital marketing membutuhkan orkestrasi lintas platform untuk mensejajarkan dengan strategi dan tujuan bisnis client. Untuk dapat melakukan orkestrasi lintas platform akan membutuhkan analisa dari visibilitas (pengukuran atau metrik). Inilah cara digital marketing yang sebenarnya.

2. Kenali Faktor Penghambat Pertumbuhan Bisnis Anda

Namun, hal tersebut bukan satu-satunya kesalahan bisnis dalam melakukan pemasaran digital. Malasnya untuk mempelajari digital marketing juga merupakan faktor utama. Bahkan, masih banyak perusahaan yang belum mengetahui bedanya konsultan digital marketing dengan agen periklanan ataupun dengan creative agency. Parahnya lagi, Event Organizer pun terkadang mereka anggap kompeten dalam melakukan digital marketing. Ini artinya, manager pemasaran Anda masih belum mampu membedakan mana digital marketing dan yang mana tradisional marketing.

Tentu kita dapat tebak hasil akhirnya akan seperti apa. Dengan design grafis yang spektakuler di sosmed, mereka pikir seperti itulah contoh digital marketing yang benar. Dan ketika pimpinan perusahaan menanyakan efektivitas dari pemasaran digital, lantas mereka hanya membual soal engagement seperti jumlah like, follower, dan sejenisnya. Padahal, perusahaan tidak merasakan dampak dari aktivitas digital marketing tersebut. Inilah kesalahan bisnis yang sangat umum di Indonesia pada era transformasi digital sekarang ini.

3. Membuat Website dengan Konten Berat

Konten website sangat menentukan dalam membuat pengunjung bertahan atau tidak di laman bisnis Anda. Biasanya, konten website yang terlalu berat dan membuat pengunjung menunggu loading yang cukup lama akan sering ditinggalkan. Salah satu sifat dari pengguna internet saat ini adalah tidak sabaran, jadi lebih baik buat konten website Anda lebih mudah diakses. Selain itu, tidak hanya masalah lama tidaknya loading halaman website. Jika website Anda menggunakan dasar pemrograman yang terlalu baru agar dapat memunculkan konten, akan sulit juga bagi pengunjung untuk mengaksesnya.

Misalnya website Anda memanfaatkan macromedia flash, padahal belum tentu semua pengakses website Anda menggunakan perangkat tersebut. Jadi, sebaiknya selalu gunakan versi sederhana dari HTML yang dapat menampilkan teks agar pengunjung lebih mudah melihat isi website Anda. Jika bingung membuat website yang user-friendly, cobalah cari bantuan jasa web design sebagai solusinya.

4.Tidak memiliki tujuan yang jelas

Mereka menjadi ambigu, tatkala pengajuan anggaran mereka mempresentasikan peningkatan penjualan. Namun pada praktiknya, mereka hanya menjadi penggembira di sosmed. Ujung-ujungnya, mereka kembali ke cara tradisional, yakni membuat beberapa acara untuk mendorong penjualan dengan alasan branding. Hal ini dapat menyebabkan program branding tidak kunjung bergerak mengarah pada call-to-action. Maka jelaslah kenapa para pimpinan perusahaan sering menanyakan manajer pemasaran mereka kenapa tidak juga ada dampaknya dari digital marketing.

Kesimpulan :

Tujuan dalam digital marketing dapat bervariasi, sesuai dengan stage inbound yang menarik perhatian konsumen dengan creative content, kemudian memupuk loyaliltas brand dan pada akhirnya mendapatkan peningkatan penjualan.

Digital marketing merupakan bidang ilmu pemasaran yang baru mulai populer di Indonesia sekitar 5 tahun terakhir. Teknik terus berkembang, mengikuti perkembangan teknologi dan peraturan dari masing-masing platform.Oleh karena itu, sekali lagi teliti ulang program pemasaran digital Anda agar tidak keliru. Tanyakan pada manager pemasaran Anda apakah ada pengukuran yang mengarah untuk mendorong pengambilan keputusan para calon konsumen? Jika ada, telitilah. Jika belum ada, maka carilah konsultan digital marketing yang berpengalaman belasan tahun dan tersertifikasi secara internasional.