logo
Digital Marketing Solutions & Integrated Salah satu alasan kami sangat yakin dengan kemampuan kami untuk memberikan hasil yang luar biasa terhadap Pamasaran Digital bahwa kami memiliki SDM Yang berpengalaman Dari layanan SEM SMM dan SEO, konten, bekerja sebagai Team untuk memastikan klien kami melihat hasil terbaik dengan Efisiensi Biaya Promosi

Digital Marketing Solutions

SEO Search Engine Optimization

Search Engine Marketing & Social Media Marketing

Website Development

Video Advertising Production

Hubungi Kami Kapanpun
Kami berikan layanan & Solusi terbaik Kebutuhan Digital Promosi usaha atau Bisnis Anda Konsultasikan Sekarang juga

082123618150

sales@jagogo.net

Grand Galaxy RSA 5 No 11 Bekasi

021- 82731502

Grand Galaxy RSA 5 No 11

Top
Keuntungan Menggunakan Paid Ads

Keuntungan Menggunakan Paid Ads

Pada era serba digital seperti sekarang, pasti Anda sering menemukan headline dengan tulisan “Ad” yang terdapat ketika Anda mencari sesuatu di Google bukan?. Jika iya, berarti Anda sudah sedikit mengerti tentang yang namanya paid ads.

Dalam dunia bisnis saat ini, iklan berperan sangat penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Anda mungkin memiliki produk atau layanan dengan kualitas yang sangat baik, tetapi tanpa kemampuan untuk memasarkan produk, produk Anda mungkin tidak akan laku terjual.

Sejak kemunculan internet pertama kali, online ads atau paid ads telah mengubah industri dalam beriklan. Iklan tidak lagi terbatas pada papan iklan atau koran maupun media televisi. Iklan sekarang dapat disesuaikan untuk menarik pelanggan dalam pasar yang lebih jauh lagi. Menargetkan lokasi dan minat mereka secara spesifik adalah salah satu kelebihan dari paid ads itu sendiri.

Jika bisnis Anda masuk ke dunia bisnis online, maka akan banyak sekali yang menyarankan Anda untuk memulai menggunakan paid ads. Namun apakah itu paid ads lebih jelasnya?. Semua akan di bahas dalam artikel berikut ini.

Apa Itu Sebenarnya Paid Ads?

Paid Ads atau iklan berbayar merupakan iklan yang disediakan oleh beberapa media besar network digital saat ini. Anda harus membayar jika ingin beriklan di media tersebut contohnya seperti Google, Facebook, Instagram atau Tiktok.

Paid ads memiliki beberapa jenis campaign pada umumnya, baik di Google maupun di Social Media, yaitu:

  • Pay-per-click
  • Pay-per-view
  • Pay -per-install
  • Pay-per-download
  • Pay-per-acquisition
  • Display network ads
  • Video ads

Jenis kampanye paid ads yang paling umum digunakan adalah pay-per-click (PPC), di mana Anda sebagai pengiklan membayar per klik (PPC) dari iklan yang anda tampilkan tersebut. Semakin bagus sebuah campaign, maka semakin tinggi juga nilai CTR atau click trough rate yang Anda dapatkan dalam sebuah iklan. Semakin besar juga peluang Anda untuk mendapatkan calon pelanggan baru dari paid ads yang Anda jalankan.

Kemudian ada Social Ads, yang dimana konten iklan akan muncul di social media seperti Instagram atau Facebook. Social ads juga merupakan salah satu cara ampuh untuk melakukan periklanan pada saat ini, karena Social ads menggunakan algoritma iklan yang menentukan apa yang diminati para pengguna media sosial berdasarkan aktivitas di akun sosial media mereka, dilihat dari jumlah likes, share, dan comment.

Penggunaan Social ads merupakan cara ampuh untuk menargetkan segmen audiens secara instan yang mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda. Segmen audiens ditentukan berdasarkan serangkaian kriteria penargetan dari lokasi, umur, jenis kelamin, hobi, minat dan lain sebagainya. Social media seperti Facebook, memiliki kemampuan penargetan yang terbilang canggih pada saat ini, yang dimana Anda dapat menyempurnakan kriteria penargetan audiens untuk menjangkau audiens yang spesifik dan berkualitas tinggi sebagai calon pelanggan baru bisnis Anda.

Baca Juga: Jasa Digital Marketing Instagram

Mengapa Harus Menggunakan Paid Ads?

Sebuah campaign yang efisien adalah campaign yang memanfaatkan semua channel untuk memasang iklan. Meskipun paid ads terkesan mahal karena sangat bergantung pada kompetitor pengguna iklan juga. Contohnya seperti persaingan kompetisi keyword yang Anda gunakan, seberapa tinggi bidding (pelelangan) dari kompetitor Anda yang menggunakan keyword dan interest yang sama. Namun menggunakan paid ads adalah cara yang efektif untuk menyebarluaskan nama brand dan produk Anda, karena jangkauan iklan ini sangatlah luas dan juga audiens iklan dapat kita tentukan sehingga iklan kita akan menarget calon pelanggan seperti apa yang kita mau.

Keuntungan Menggunakan Paid Ads

1. Paid Ads Memberikan Hasil Yang Berkualitas Daripada Organic Reach.

Dengan menggunakan paid ads, konten iklan Anda dapat menjangkau target audiens yang lebih spesifik dan mendapatkan calon pelanggan yang benar-benar sesuai target pemasaran Anda. Sehingga peluang terjadinya purchase produk atau layanan Anda akan lebih tinggi. Traffic yang dihasilkan dari paid ads sebagian besar adalah hot market yang artinya memang orang yang tertarik dengan iklan yang ditampilkan paid ads tersebut siap untuk membeli produk-produk kita jika tidak sekarang mungkin suatu hari nanti. Hal tersebut akan lebih optimal jika dipadukan dengan follow up oleh tim marketing Anda.

2. Biaya Paid Ads Relatif Terjangkau Dan Terukur Daripada Iklan Konvensional

Saat menjalankan sebuah kampanye paid ads di semua platform penyedia iklan berbayar. Anda dapat menjangkau audiens yang sangat luas dan terukur sesuai market bisnis Anda. Biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan paid ads akan sangat tergantung pada tujuan atau jenis iklan yang Anda jalankan. Misalnya, jika tujuan penggunaan paid ads Anda adalah traffic website maka Anda akan dikenakan biaya PPC (Pay Per Click). Jika tujuannya penggunaan paid ads Anda adalah brand awareness, Anda akan dikenakan PPV (Pay Per View) biasanya Biaya Per 1.000 Tayangan.

Selain itu, Anda juga dapat melacak biaya yang telah dihabiskan untuk iklan berbayar tersebut lebih jelas, sehingga Anda dapat memperhitungkan apakah iklan yang Anda jalankan sudah sesuai target ataukah belum. Keuntungan lain penggunaan paid ads adalah dapat menetapkan anggaran harian serta total anggaran selama masa kampanye, sesuai dengan budget kampanye Anda.

3. Paid Ads Menyediakan Penargetan Khusus

Paid ads bisa menarget audiens dengan sangat spesifik dan memungkinkan untuk menjangkau audiens yang relevan tertarik dengan brand produk Anda. Atau juga bisa menyesuaikan dengan demografi buyer persona customer yang Anda inginkan. Anda dapat menggunakan semua kelebihan ini untuk mempersempit penargetan kampanye sehingga mendapatkan lead yang lebih berkualitas untuk meningkatkan konversi tanpa membuang anggaran kampanye Anda karena target yang random.

Jika ada visitor yang datang ke website atau mengklik iklan, Anda dapat menjalankan retargeting kampane iklan Anda. Retargeting iklan berguna untuk terus melibatkan iklan kepada calon pelanggan yang telah menunjukkan minat pada produk atau layanan Anda ketika mengklik iklan tersebut. Dengan melakukan cara ini, iklan Anda akan membayangi pelanggan potensial tersebut dengan cara menampilkan iklannya terus menerus selama waktu yang kita tentukan.

4. Paid Ads Menyebarluaskan Brand Awareness Lintas Platform

Paid Ads merupakan salah satu cara untuk marketing yang populer di era saat ini. Ada banyak platform yang menyediakan paid ads, dan jenis campaign yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Anda juga dapat membentuk pandangan customer terhadap brand Anda melalui key messages apa pun yang diinginkan.Sehingga Anda dapat menguji melihat mana yang iklan yang berhasil dan yang tidak.

Jika Anda tertarik dengan digital marketing?. Simak terus artikel kami selanjutnya atau subscribe Jagogo.net, agar tidak terlewatkan artikel terbaru lainnya seputar digital marketing di era sekarang ini.

Baca Juga: Jasa Digital Marketing Murah